3 Jenis Mixer

Bisnis kecil-kecilan dirumah tentunya sangat membantu sekali perekonomian ibu rumah tangga, usaha roti rumahan bisa menghasilkan, uang sampingan yang sangat membantu uang belanja ibu rumah tangga, bila penghasilan suami kurang mencukupi ekonomi keluarga, dalam usaha roti rumahan tentunya perlu alat pengaduk adonan roti yaitu mixer roti yang berguna mengaduk adonan roti hingga kalis dan adonan tersebut dapat dibentuk menjadi bentuk roti sesuai yang kita inginkan atau dibuat menarik, membali mixer roti tak perlu yang besar bila untuk usaha roti rumahan, cukup menggunakan mixer roti kecil anda sudah bisa melakukan usaha roti rumahan, kecuali bila usaha anda sudah besar, maka anda perlu membeli mixer roti yang besar.

Sebelum membeli mixer roti perlu diketahui bahwa ada tiga jenis mixer roti dan kue yaitu : stand mixer, hand mixer dan stick mixer. Berikut pejelasannya :

1. Stand mixer. Disebut pula mixer berdiri, gambarnya seperti yang ada di awal tulisan ini. Jenis ini punya wadah khusus adonan yang besar dan biasanya dilengkapi sedikitnya tiga macam pengaduk yang bisa digonta-ganti sesuai adonan. Cara menggunakan mixer ini adalah dengan didirikan atau diletakkan diatas meja. Dengan segala kelebihannya, stand mixer dapat mengatasi pekerjaan mengaduk bermacam-macam adonan dan mampu mengaduk dalam volume yang besar pula.

2. Hand mixer. Disebut pula mixer genggam. Jenis ini biasanya memiliki dua pengaduk adonan atau pengaduk kembar yang mampu mencampurkan banyak udara ke dalam adonan sehingga cocok untuk membuat kue. Ukurannya kecil dan praktis, tapi bisa melelahkan jika digunakan untuk mengaduk semua bahan kue dalam jumlah yang banyak.

3. Stick mixer. Disebut pula mixer tongkat atau blender tangan. Ini adalah alat terkecil dan bobotnya paling ringan dibandingkan dua jenis mixer lainnya. Cara menggunakannya cukup memasukan alat ke dalam mangkuk atau wadah yang sudah berisikan bahan makanan yang akan di mix atau dicampur. Stick mixer hanya cocok digunakan untuk mengaduk dalam jumlah terbatas. Selain itu biasanya lebih banyak difungsikan untuk memblender buah atau sayuran.

Tiap jenis mixer memiliki kelebihan dan kekurangan. Dari ketiga jenis pengaduk adonan tersebut diatas tentukan mixer mana yang anda pilih untuk memenuhi kebutuhan usaha roti anda pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda. Artinya fitur-fiturnya pas dengan kebutuhan, tidak kurang dan tidak berlebihan. Jika fiturnya kurang maka pekerjaan tidak optimal, dan jika berlebihan maka artinya pemborosan.   Baca artikel terkait: Mixer Roti Lokal Atau Mixer Internasional Dan Pertimbangan Lainnya